Powered By Blogger

Minggu, 04 November 2012

konomi Kelas X : Perilaku Konsumen dan Produsen



1.    Gambarkan tentang circular flow 2 sektor, 3 sektor, dan 4 sektor beserta penjelasannya!
2.  Adakah hubungan antara kegiatan ekonomi suatu negara dengan sistem ekonomi negara tersebut? Tulisjan penjelasannyak
3.  Dari circular flow yang kalian buat di nomor 1, tuliskan semua peran pelaku ekonomi yang ada di dalamnya!
4.  Tuliskan mengenai penjelasan The Law of Diminishing Return dengan menggunakan contoh !
5.  Tuliskan cara perluasan produksi yang bisa dilakukan oleh produsen dengan disertai contoh!
6.  Tuliskan perbedaan kegiatan produksi primer, sekunder dan tersier!
7.  Rangkumkan mengenai Teori Nilai Pasar dari Humme dan Locke!
8.  Rangkumkan mengenai teori nilai tenaga kerja dari David Ricardo!
9.  Rangkumkan mengenai teori nilai lebih dari Karl Marx!
10.               Tuliskan perbedaan Hukum Gossen I dan II!


JAWABAN


1.A.Kegiatan Ekonomi Dua Sektor

Kegiatan ekonomi dua sektor hanya melibatkan dua pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga dan perusahaan.
Sektor rumah tangga membeli barang dan jasa dari sektor perusahaan di pasar barang (product market) dan sebagai balas jasanya, sektor pengusaha menerima uang. Dalam arus ini, sektor rumah tangga berperan sebagai pembeli barang dan jasa, sedangkan sektor perusahaan berperan sebagai penjual. Perusahaan menetapkan harga produk berdasarkan biaya tenaga kerja dan keahlian. Harga di pasar barang ditentukan oleh permintaan konsumen rumah tangga dan penawaran per. usahaanTransaksi barang dan jasa terjadi di pasar barang (product market).

B.Kegiatan Ekonomi Tiga Sektor




Dalam kegiatan ekonomi tiga sektor, pelaku-pelaku ekonomi yang terlibat selain dari rumah tangga dan perusahaan, diperlihatkan juga peranan dan pengaruh pemerintah atas kegiatan perekonomian.
Pemerintah menggunakan pendapatan dari pajak untuk membeli barang dan jasa dari pasar faktor produksi, pasar barang, dan perusahaan. Barang dan jasa tersebut digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

C.Kegiatan Ekonomi Empat Sektor


Kegiatan ekonomi empat sektor sering disebut perekonomian terbuka karena kegiatan ini tidak hanya melibatkan pelaku-pelaku ekonomi di dalam negeri, tetapi juga masyarakat ekonomi di luar negeri.
2.Ada, Karena dalam suatu Negara pasti ada konsumen, produsen dan pemerintah sebagai pengaturnya. ada ekspor dan impor barang dengan Negara lain.

3.2 SEKTOR
RTK(Rumah tangga) 
-RTK Menerima balas jasa atas faktor-faktor produksi dari RTP-RTK Memberikan penjualan hasil produksi untuk konsumsi kepada RTP-RTK memberi tabungan kepada lembaga keuanganRTP(perusahaan)-RTP memberi barang dan jasa hasil produksi kepada RTK-RTP memberi faktor-faktor produksi kepada RTK -RTP memberi balas jasa atas faktor-faktornproduksi kepada RTK -RTP menerima penjualan hasil produksi untuk konsumsi dari RTK-RTP menerima investasi dari penanaman modal3 SEKTORRTK(Rumah tangga)-RTK Menerima barang dan jasa hasil produksi dari RTP-RTK memberi pembelian hasil penjualan produk barang dan jasa untuk konsumsi kepada RTP-RTK memberi faktor-faktor produksi kepada RTP-RTK menerima barang jasa atas faktor-faktor produksi dari RTP-RTK memberi tabungan kepada lembaga keuangan -RTK memberi pajak individu kepada pemerintah-RTK menerima subsidi dari pemerintahRTP(Perusahaan)-RTP memberi pajak perusahaan kepada pemerintah-RTP memberi barang dan jasa hasil produksi kepada RTK -RTP menerima barang hasil penjualan produk barang dan jasa untuk konsumsi dari RTK-RTP menerima pengeluaran pemerintah dari pemerintah-RTP menerima faktor-faktor produksi dari RTK-RTP memberi balas jasa atas faktor-faktor produksi kepada RTK-RTP menerima investasi dari penanam modalPEMERINTAH-Pemerintah menerima pajak perusahaan dari perusahaan-Pemerintah menerima pajak individu dari RTK-Pemerintah memberi subsidi ke RTK-Pemerintah memberi pengeluaran pemerintah kepada RTP4 SEKTORRTK(Rumah tangga)-RTK Menerima barang dan jasa hasil produksi dari RTP-RTK memberi pembelian hasil penjualan produk barang dan jasa untuk konsumsi kepada RTP-RTK memberi faktor-faktor produksi kepada RTP-RTK menerima barang jasa atas faktor-faktor produksi dari RTP-RTK memberi tabungan kepada lembaga keuangan -RTK memberi pajak individu kepada pemerintah-RTK menerima subsidi dari pemerintah-RTK memberi impor kepada Luar negeriRTP(Perusahaan)-RTP memberi pajak perusahaan kepada pemerintah-RTP memberi barang dan jasa hasil produksi kepada RTK -RTP menerima barang hasil penjualan produk barang dan jasa untuk konsumsi dari RTK-RTP menerima pengeluaran pemerintah dari pemerintah-RTP menerima faktor-faktor produksi dari RTK-RTP memberi balas jasa atas faktor-faktor produksi kepada RTK-RTP menerima investasi dari penanam modal-RTP memberi ekspor kepada Luar negeriPEMERINTAH-Pemerintah menerima pajak perusahaan dari perusahaan-Pemerintah menerima pajak individu dari RTK-Pemerintah memberi subsidi ke RTK-Pemerintah memberi pengeluaran pemerintah kepada RTP

4. Law of diminishing returns adalah sebuah hukum dalam ekonomi yang menjelaskan tentang proporsi input yang tepat untuk mendapatkan output maksimal. Contoh logis adalah misalnya kita mempunyai sawah, dengan input petani. Satu sawah memiliki kapasitas petani sebanyak 10 orang. Maka, ketika kita menempatkan satu orang petani disana, kita akan mendapatkan output (beras). Begitu juga jika ditambah terus sampai misalnya angka 7. Ketika level petani sudah berada pada angka 7, output akan stabil dan terus menerus meningkat. Begitu juga jika sampai 8, 9 dan 10, pendapatan terus meningkat.

5.  Perluasan produksi bisa dilaksanakan dengan :
·       Ekstensifikasi yaitu menambah faktor produksinya contohnya : menambah barang alat produksi
·       Intensifikasi yaitu meningkatkan produktivitas faktor produksi. Contoh : penggunaan traktor untuk membajak sawah atau mengolah pertanian


6. -kegiatan produksi primer adalah kegiatan yang menghasilkan kegunaan dasar yang meliputi agraris dan ekstraktif
- kegiatan produksi sekunder adalah kegiatan yang menghasilkan yang meliputi bidang industri dan kerajinan
- kegiatan produksi tersier adalah kegiatan yang menghasilkan kegunaan meliputi bidang perdangan dan jasa


7. Teori nilai pasar (Hummed an Locke): nilai barang tergantung pada permintaan dan penawaran barang dipasar

8. Teori nilai tenaga kerja (David Ricardo): nilai barang ditentukan oleh jumlah biaya tenaga kerja yang diperlukan untk menghasilkan barang tersebut

 9. 
9. Menurut teori ini nilai suatu barang ditentukan oleh besarnya biaya rata-rata upah tenaga kerja masyarakat.


10. hukum gossen I : jika pemenuhan kebutuhan dilakukan secara terus menerus, maka rasa nikmatnya mula-mulaakan tinggi. Namun, semakin lama kenikmatan tersebut semakin menurun sampai akhirnya mencapai batas jenuh.

Hokum gossen II :konsumen akan melakukan konsumsi sedemikian rupa sehingga nilai guna marjinal setiap barang dan jasa yang dikonsumsi akan sama. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar